Kamis, 19 Maret 2009

CASSINI SWAPS THRUSTERSO



Cassini Swaps Thrusters03.12.09 Artist konsep Cassini di Saturnus. Kredit gambar: NASA / JPL Cassini-Huygens Misi Laporan Status Pasadena, California - awal pagi ini angkasa Cassini yang relayed informasi yang berhasil swapped ke set cadangan daya thrusters akhir Rabu. Swap dilakukan karena degradasi dalam performa utama thrusters, yang telah digunakan sejak Cassini's memulai pada tahun 1997. Hal ini hanya kedua kalinya dalam Cassini dari 11 tahun penerbangan bahwa teknik tim telah ke sistem cadangan. Thrusters yang digunakan untuk membuat koreksi kecil ke angkasa dari saja, untuk beberapa fungsi kontrol sikap, dan untuk membuat penyesuaian tajam momentum dalam reaksi roda, yang juga digunakan untuk mengontrol sikap. Yang berlebihan menetapkan adalah identik kumpulan delapan thrusters. Hampir semua Cassini teknik subsystems memiliki kemampuan cadangan berlebihan. Cassini telah berhasil menyelesaikan aslinya empat tahun direncanakan tur Saturn dan kini diperpanjang dalam misi operasi. Informasi lebih lanjut tentang misi tersedia di: http://saturn.jpl.nasa.gov dan http://www.nasa.gov/cassini. The misi Cassini-Huygens adalah proyek kerjasama NASA, European Space Agency dan Italia Space Agency. JPL, sebuah divisi di California Institute of Technology di Pasadena, mengelola Cassini NASA untuk misi dari Direktorat Misi Sains, Washington, DC The Cassini orbiter dirancang, dikembangkan dan dikumpulkan di JPL

NASA UCberkely spoceDev



The Cosmic Hot antar Plasma Spectrometer (Chips) adalah Universitas Kelas-Explorer (UNEX) misi yang didanai oleh NASA. Akan melaksanakan semua spectroscopy-langit yang tersebar di latar belakang wavelengths 90-260 Ă… puncak dengan resolusi / 150 (sekitar 0,5 eV). Chips data akan membantu para ilmuwan menentukan electron suhu, kondisi ionisasi, dan mekanisme pendinginan yang juta-gelar plasma diyakini mengisi lokal antar gelembung. Mayoritas dari kilau membaur juta derajat-plasma diharapkan muncul pada kurang dieksplorasi Chips-band, sehingga Chips data relevansi dalam berbagai Galactic dan extragalactic astrophysical lingkungan. Chips instrumen yang diselenggarakan di ruang aboard CHIPSat, berdedikasi angkasa yang dibangun oleh SpaceDev, Inc, dan diluncurkan dari tahap kedua dari roket Boeing Delta II. J berhasil memulai 16:45 Pasifik terjadi pada waktu pada hari Minggu 12 Januari 2003.

English
>
Indonesian
swap
Translate

Rabu, 18 Maret 2009

NASA Mars Exploration Rover

NASA Mars exploration Rover
Menghindari bahaya yang kamera di bagian depan NASA's Mars Exploration Rover Spirit mengambil gambar ini setelah drive oleh Roh pada 1829. Martian hari, atau sol, dari Roh misi di permukaan Mars (Feb 24, 2009). Sol pada 1829, Roh drove 6,29 meter (21 kaki) ke arah barat laut, dari ujung utara dari dataran rendah yang disebut "Home Plate." Lagu digali oleh menyeret kanan roda depan sebagai pengembara drove terbalik akan terlihat dalam gambar ini, mundur ke arah tenggara. Rock lapisan dari utara kemiringan Home Plate yang terlihat di bagian kanan atas pada gambar. Dalam sols sebelum 1829, tim yang pengelana telah mencoba untuk naik ke Roh mengarahkan ke ujung utara Home Plate, siap untuk berkendara ke selatan di bagian atas dataran tinggi terhadap ilmu tujuan selatan Home Plate. The Sol 1829 berkendara adalah yang pertama bergerak dari strategi untuk direvisi lingkaran setidaknya sekitar partway Home Plate di perjalanan ke arah selatan dari situs dataran.

Selasa, 17 Maret 2009

NASA misi ke jupiter dan saturnus


NASA-ESA Rancang Misi ke Jupiter & Saturnus

WASHINGTON - NASA dan Badan Antariksa Eropa (ESA) merencanakan misi yang sangat ambisius untuk menjelajahi Planet Jupiter, Saturnus, dan satelit yang mengitari kedua planet itu.Nantinya, misi tersebut akan mengirimkan sebuah kendaraan ke Jupiter dan Saturnus untuk meneliti sistem gas yang terdapat pada planet terbesar dan mempunyai berbagai satelit yang unik tersebut. Demikian yang dilansir Xin Hua, Selasa (24/2/2009).Untuk misi pertama, NASA dan ESA akan mengirimkan pesawat mereka ke Jupiter. Misi yang diberi nama Jupiter System Mission ini akan meneliti lebih detail planet itu, termasuk bulan yang mengitarinya, seperti Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.Di sana, NASA akan membangun satu orbiter Jupiter di Europa, sementara ESA, di Ganymede. Diperkirakan, misi ini akan diluncurkan ke angkasa pada 2020, dan akan melakukan penelitian tahap awal di Jupiter hingga 2026."Keputusan ini untuk kemenangan semua yang terlibat. Kesempatan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan sains," terang Ed Weiler, juru bicara NASA."Ini akan membutuhkan banyak perbaikan dan pengembangan yang lebih banyak serta mendalam, agar semua bisa terwujud," tandasnya. (srn

Senin, 16 Maret 2009

Sejarah Pesawat Terbang

Tuhan Menciptakan Pesawat Terbang
Ditulis oleh wahyuancol di/pada Mei11, 2008
Siapa Pencipta Pesawat Terbang?
Apabila kita mengajukan pertanyaan “Siapa pencipta atau penemu pesawat terbang?”, maka kita tidak akan mendapatkan sebuah jawaban singkat yang sederhana. Jawaban yang memuaskan atas pertanyaan itu adalah sebuah kisah yang panjang dari serangkaian prestasi atau penemuan yang dimulai dari penemuan layang-layang bisa terbang di udara di Cina sekitar tahun 400 SM.
Menciptakan Melalui Proses dan Tangan Manusia
Lalu, mungkin timbul pertanyaan, bagaimana kita bisa mengatakan Tuhan yang menciptakan pesawat terbang? Jawaban pertanyaan ini sangat sederhana. Tuhan menciptakan pesawat terbang dengan proses dan melalui campur tangan manusia. Secara sederhana dan garis besar dapat kita katakan bahwa untuk menciptakan pesawat terbang Tuhan melakukannya dengan menciptakan Bumi dengan segala materinya yang patuh terhadap hukum-hukum-Nya – yaitu hukum-hukum yang sering kita katakan sebagai hukum alam, seperti hukum-hukum fisika dan kimia, dan menciptakan manusia dengan potensi kecerdasan, rasa ingin tahu, bisa menulis dan membaca, berani, dan berbagai sifat dan sikap mental positif lainnya.
Sejarah Singkat Manusia bisa Terbang
Berikut ini adalah sejarah singkat tentang bagaimana upaya manusia supaya bisa terbang. Kisah tentang penerbangan ini penulis kutip dengan modifikasi dari situs berikut ini: [http://inventors.about.com/library/inventors/blearlyflight.htm?].
· Sekitar 400 SM – Penemuan layang-layang
Penemuan layang-layang yang dapat terbang di udara di China adalah awal dari pemikiran manusia tentang terbang. Penemuan layang-layang penting bagi penciptaan dalam dunia penerbangan – karena layang-layang adalah pendahulu bagi balon udara dan pesawat glider.
· Upaya manusia terbang seperti burung
Selama berabad-abad manusia telah berusaha terbang seperti burung dan telah mempelajari cara burung terbang. Sayap dibuat dari bulu atau papan ringan yang dipasang pada kedua lengan sebagai uji coba kemampuan terbang. Uji coba itu sering berakibat fatal.
· Hero dan Aeolipile
Hero of Alexandria adalah seorang ahli teknik Yunani kuno. Ia bekerja dengan tekanan udara dan uap untuk menciptakan sumber tenaga. Satu percobaan yang dikembangkan adalah Aeolipile yang menggunakan semburan uap panas untuk menciptakan gerakan berputar. Aeolipile menandai awal dari penciptaan mesin – mesin pencipta gerak yang kemudian terbukti penting dalam sejarah penerbangan.
· 1485 Leonardo da Vinci – Ornithopter dan studi penerbangan
Leonardi da Vinci memulai studi penerbangan pada tahun 1480-an. Ia menggambar lebih dari 100 gambar teknik yang menggambarkan teorinya tentang burung dan penerbangan mekanik. Gambar-gambar itu menggambarkan sayap-sayap dan ekor burung-burung, ide-ide mesin pengangkut manusia, dan alat-alat untuk pengujian sayap.
Mesin terbang Ornithopter tidak pernah dibuat, tetapi hanyalah rancangan yang dibuat oleh Leonardo dan Vinci untuk memperlihatkan bagaimana manusia bisa terbang. Helikopter moderen didasarkan pada konsep ini. Buku-buku catatan Leonardo dan Vinci tentang penerbangan dipelajari kembali pada abad ke-19 oleh para pioner penerbangan.
· 1783 – Joseph dan Jacques Montgolfier – Penerbangan balon udara-panas pertama
Dua bersaudara, Joseph Michel dan Jacques Etienne Montgolfier, adalah pencipta balon udara-panas pertama. Mereka mempergunakan asap dari api untuk meniup udara panas ke dalam kantong sutera. Kantong sutera itu diikatkan pada keranjang. Udara panas kemudian naik dan membuat balon menjadi lebih ringar daripada udara.
Tahun 1783, penumpang pertama di dalam balon itu adalah biri-biri, ayam jantan dan bebek. Balon itu naik sampai ketinggian 6000 kaki dan berjalan sejauh lebih dari 1 mil.
Setelah keberhasilan itu, mereka mulai menerbangkan manusia terbang dengan balon udara-panas. Penerbangan dengan manusia pertama terjadi pada 21 Nopember 1783. penumpangnya adalah Jean-Francois Pilatre de Rozier dan Francois Lanrent.
· 1799-1850-an – George Cayley – Glider
Sir George Cayley dipandang sebagai bapak aerodinamika. Cayley bereksperimen dengan rancangan sayap, membedakan antara “lift” dan “drag”, memformulasikan konsep “vertical tail surface”, “steering rudders”, “rear elevators”, dan “air screws”.
Goerge Cayley bekerja untuk menemukan bahwa manusia dapat terbang. Ia merancang banyak versi glider yang berbeda yang menggunakan gerakan badan untuk mengendalikan. Seorang anak muda yang namanya tidak diketahui adalah orang pertama yang menerbangkan glider.
George Cayley juga mengetahui bahwa diperlukan kekuatan mesin bila penerbangan diudara dalam waktu lama. Ia menulis buku “On Ariel Navigation” yang memperlihatkan bahwa pesawat dengan sayap tetap dengan sistem tenaga penggerak baling-baling dan ekor untuk membantu mengendalikan pesawat udara akan menjadi jalan terbaik yang memungkinkan manusia terbang.
· 1891 Otto Lilienthal
Ahli teknik Jerman, Otto Lilienthal, mempelajari aerodinamika dan bekerja merancang glider yang dapat terbang. Ia adalah orang pertama yang merancang glider yang dapat menerbangkan orang dan dapat terbang jarak jauh.
Ia sangat tertarik pada ide terbang. Berdasarkan studinya tentang burung dan bagaimana burung terbang, dia menulis buku tentang aerodinamika yang dupublikasikan tahun 1889 dan buku itu dpergunakan oleh Wright bersaudara sebagai dasar rancangan-rancangan mereka.
Setelah lebih dari 2500 penerbangan, Otto Lilienthal tewas ketika ia kehilangan kendali karena angin kencang yang datang tiba-tiba dan jatuh ke tanah.
· 1891 Samuel Langley
Samuel Langley adalah ahli fisika dan astronomi yang yakin bahwa diperlukan tenaga untuk membantu manusia terbang. Langley melakukan percobaan mempergunakan lengan berputar dan motor uap. Ia membangun sebuah model pesawat terbang yang diberi nama Aerodrome, yang dilengkapi dengan mesin uap. Tahun 1891, model yang dibuatnya terbang sejauh ¾ mil sebelum kehabisan bahan bakar.
Samuel Langley menerima bantun biaya US$50.000 untuk membangun Aerodrome berukuran penuh. Tetapi pesawat itu terlalu berat dan jatuh.
· 1894 Octave Chanute
Octave Chanute adalah ahli teknik yang sukses yang memilih merancang pesewat terbang sebagai hobi setelah ia terinspirasi oleh Otto Lilienthal. Ia merancang beberapa pesawat terbang. “The Herring” adalah “biplane” (pesawat bersayap ganda) rancangan Chanute yang paling sukses dan membentuk dasar bagi rancangan biplane dari Wright Bersaudara.
Octave Chanute mempublikasikan buku “Progress in Flying Machine” pada tahun 1894. Buku itu menghimpun dan menganalisis semua pengetahuan teknik yang dapat dia peroleh tentang kesuksesan penerbangan. Termasuk di dalamnya semua pioner penerbangan dunia. Wtight Bersaudara mempergunakan buku ini sebagai dasar bagi banyak percobaan mereka. Chanute juga melakukan kontak dengan Wright Bersaudara dan sering memberi komentar atas kemajuan teknik mereka.
· 1903 Wright Bersaudara – Penerbangan pertama
Orville Wright dan Wilbur Wright sangat bersungguh-sungguh dalam penelitiannya yang panjang untuk penerbangan. Pertama, mereka menghabiskan waktu bertahun-tahun mempelajari semua pengembangan awal penerbangan. Mereka menyelesaikan riset detil terhadap apa yang telah dilakukan oleh para penemu awal. Mereka membaca semua literatur yang telah dipublikasikan pada waktu itu. Kemudian, mereka memulai menguji teori-teori dengan balon dan layang-layang. Mereka belajar tentang bagaimana angin dapat mempengaruhi permukaan ketika terangkat ke udara.
Selanjutnya, mereka menguji bentuk-bentuk glider seperti yang dilakukan oleh George Cayley. Mereka menghabiskan banyak waktu menguji dan mempelajari tentang bagaimana glider dapat dikotrol.
Wright Bersaudara merancang dan mempergunakan terowongan udara untuk menguji bentuk-bentuk sayap dan ekor glider. Setelah mendapatkan bentuk glider yang dapat terbang dengan konsisten dalam percobaan di bukit pasir North Carolina Outer Bank, kemudian mereka mengalihkan perhatian kepada bagaimana menciptakan sistem baling-baling yang dapat menciptakan pengangkatan yang diperlukan untuk terbang. Mesin pertama yang dipergunakan berkekuatan hampir 12 tenagakuda.
Penerbangan pertama terjadi pada tanggal 17 Desember 1903 selama 12 detik dan menempuh jarak 120 kaki. Setelah penerbangan pertama itu, manusia menciptakan banyak pesawat dan mesin baru.
Kerja Tuhan Melalui Manusia
Kisah sejarah di atas menunjukkan kepada kita bagaimana ilmu pengetahuan dan teknologi penerbangan berkembang selama lebih dari dua ribu tahun tahun. Ilmu penerbangan itu berkembang bertahap, melalui orang-orang yang cerdas, tekun, sabar, ulet, memiliki rasa ingin tahu, mencintai ilmu dan berani mengambil resiko, serta berani mengorbankan harta dan jiwa demi cita-cita.
Dari kisah di atas kita dapat melihat bagaimana Tuhan menerbangkan manusia. Tuhan tidak memberikan sayap kepada manusia sebagaimana halnya burung, tetapi menyediakan bumi dan udara serta burung; dan menciptakan manusia-manusia unggul yang kemudian secara estafet mengembangkan ilmu pengetahuan dan menciptakan pesawat terbang. Maka, jadilah pesawat tebang dalam berbagai jenis yang dengannya manusia dapat terbang.
Hal lain yang penting kita cermati dari kisah di atas adalah bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi diberikan Tuhan kepada manusia secara bertahap dan serasi satu sama lain. Ilmu pengetahuan dan teknologi tidak diberikan Tuhan kepada manusia secara instan, atau ahistoris.

Perkembangan Virus Komputer







Sejarah Perkembangan Virus Komputer

Jika dicermati, Perkembangan virus dari waktu ke waktu terus menarik, ini terkait dengan perkembangan teknologi komputer/ teknologi informasi yang tumbuh dengan pesat.sejarah perkembangan virus sendiri cukup menarik untuk diikuti.
Sayangnya tidak ada kepastian kapan pertama kali virus komputer ditemukan.Ada sumber yang mengatakan bahwa sejarah virus berawal Pada tahun 1949 ketika John Von Neuman, mengungkapkan “teori self altering automata” yang merupakan hasil riset dari para ahli matematika.Kemudian pada tahun 1960 para ahli di lab BELL (AT&T) mencoba-coba teori yang diungkapkan oleh John V Neuman, mereka bermain-main dengan teori tersebut untuk suatu jenis permainan/game. Para ahli tersebut membuat program yang dapat memperbanyak dirinya dan dapat menghancurkan program buatan lawan. Program yang mampu bertahan dan menghancurkan semua program lain, maka akan dianggap sebagai pemenangnya. Permainan ini akhirnya menjadi permainan favorit ditiap-tiap lab komputer. semakin lama mereka pun sadar dan mulai mewaspadai permainan ini dikarenakan program yang diciptakan makin lama makin berbahaya, sehingga mereka melakukan pengawasan dan pengamanan yang ketat.
Sementara Virus Scan Software menemukan virus pertama kali pada awal th 1970-an dimana dua program komputer yang diberi nama Pervading Animal dan Christmas Tree menginfeksi sistem berbasis Univac 1108 dan IBM 360/370. Karena sifatnya tidak merusak, kedua program ini belum dikenal sebagai virus.
Namun sumber-sumber lain seperti wikipedia menyebutkan sebuah program komputer bernama “Elk Cloner” diyakini sebagai virus komputer pertama yang dibuat Rich Screnta pada tahun 1982 dan menyebar pada sistem operasi Apple Disk Operating System (DOS) Versi 3.3 melalui media floppy disk
Pada tahun 1987 muncullah jenis virus baru yang mulai menerapkan algoritma replikasi di kode programnya. Sebut saja the Leigh,virus yang menginfeksi file command.com ini berhasil menular ke banyak sistem yang mengoperasikan DOS. Ternyata banyak yang terinspirasi dengan The Leigh ini, karena setahun berikutnya muncul virus Jerussalem yang menginfeksi hanya pada tgl 13 tiap bulannya.Jerussalem dikenal sebagai virus pertama yang dikategorikan penyebab kerusakan.virus ini menghapus program yang sedang berjalan pada tgl penularan.
Karena perkembangan virus ini dinilai sudah mengganggu pengguna komputer, mulailah dicari cara pencegahan program jahat ini beberapa pengembang independen mulai membuat program untuk menghilangkan atau menghentikan aktivitas virus, yang kemudian dikenal dengan antivirus. Perusahaan besar pertama yang membuat antivirus adalah Symantec dengan produk norton antivirus di th 1990.
Uniknya, begitu antivirus ditemukan, perkembangan virus justru semakin menjadi-jadi. Di tahun 1992 tercatat sebanyak 1300 virus beraktivitas menginfeksi komputer di seluruh dunia, atau meningkat 420 % dari tahun 1990. jika di awal perkembangan virus file program menjadi sasaran utamanya , th 1995 virus hadir dengan metode penularan yang berbeda. File dokumen produksi Microsoft (Microsoft Word) menjadi sasaran baru virus yang memanfaatkan kelemahan feature makro yang ada di program Microsoft, sehingga virus dikenal dengan virus makro.
Perkembangan berikutnya virus komputer mulai melirik media internet sebagai basis penyebaran program mereka. Ide penyebaran virus ini berawal dari keberhasilan Virus Melissa (W97M/Melissa) yang memanfaatkan kelemahan file mikro yang disisipkan ke e-mail, karena pada saat itu banyak pengguna e-Mail yang menggunakan aplikasi e-mail klien seperti Outlook, dan menyimpan kontak penerima disana sehingga dengan mudah melissa menyebar ke daftar kotak yang ada.
Perkembangan virus ini terus dikonsentrasikan pada penyebaran via Internet, karena selain cepat disebarkan, virus ini juga dapat mencuri data menggunakan media yang sama. Akan tetapi, berbeda dengan pendahulunya , virus yang ada saat ini justru tidak memiliki, atau mungkin sengaja tidak difokuskan untuk merusak sistem. Beberapa virus hanya sekedar unjuk gigi dalam melewati program antivirus.
Nama yang disandang oleh generasi baru virus pun ikut bergeser. Kini virus sudah memiliki saudara seperjuangan bernama worm dan trojan. Apa pun nama atau sebutan program” mungil ini , ide utamanya ditujukan untuk mengganggu sistem normal yang sedang berjalan.
Bagaimana dengan perkembangan virus di Indonesia ? Ya…..Kini Virus Lokal sudah menjadi trend yang cukup meresahkan pengguna komputer di indonesia…..
http://tedjostanly.blogspot.com/

Sejarah komputer




Sejarah perkembangan komputer
Komputer dan perkakasannya merupakan komponen penting proses pengiraan dan simpanan data sejak ia mula dicipta. Komputer telah berkembang dari satu peralatan mekanikal berubah kepada menggunakan tiub vakum, kepada litar elektronik dalam tempoh masa yang singkat.

[sunting] Alat Hitung Pertama
Manusia telah lama menggunakan alat untuk membantu aktiviti harian mereka contohnya dalam kiraan. Antara contoh alat kiraan terawal ialah
dacing, yang membolehkan berat sesuatu benda dibandingkan. Manakala sempoa ataupun dekak-dekak merupakan alat pertama yang digunakan untuk mengira. Sejarah per-komputer-an memiliki arti yang sangat penting bagi kita. Selama dua dekade terakhir telah banyak terjadi sesuatu yang menggemparkan tetapi tidak semeriah sejarah komputer elektronik. Pada masa orang-orang tinggal dan bekerja, penemuan komputer oleh John V. Atanasoff (1942) bisa digolongkan pada salah satu dari peristiwa-peristiwa yang penting dalam sejarah. Namun, semua tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa penemuan & peristiwa pada masa sebelumnya yang mendasari itu semua.
Sejarah Purbakala Sejarah komputer elektronik modern memang dianggap mulai pada tahun 1942, tetapi penemuan-penemuan sebelumnyalah yang lebih berperan dalam penemuan-penemuan komputer elektronik berikutnya.
Abacus Abacus mungkin alat hitung manual pertama di dunia. Abacus (mungkin) telah ditemukan setidaknya 5000 tahun yang lalu. Kemampuannya telah terbukti sejak digunakannya sebagai alat penghitung di sekolah dan per-bisnisan modern. Sekarang abacus lebih di kenal sebagai cipoa. Sebenarnya, abacus berasal dari Mesir, tetapi oleh orang Cina dibawa ke negerinya sehingga berubah namanya menjadi cipoa.
Pascaline Blaise Pascal (1623-1662), seorang ahli filosofi dan matematika, menemukan alat penghitung mekanik pertama yang berupa mesin. Alat tersebut disebut Pascaline dan menggunakan ‘roda penghitung’ untuk menjumlahkan bilangan. Walaupun atas penemuannya ini Pascal dipuji sampai keseluruh Eropa, tetapi Pasaline merupakan alat yang sukar untuk diperbaiki jika rusak. Hanya Pascal saja yang bisa memperbaiki alat tersebut, sehingga para pengusaha menganggap alat tersebut terlalu kompleks. Selain itu pada masa tersebut tenaga kerja bidang perhitungan aritmatik sangat murah dibanding dengan tenaga kerja bidang mesin.
Bagaimanapun desain ‘roda penghitung’ masih digunakan oleh seluruh alat hitung setidaknya sampai pertengahan tahun 1960. Kemudian alat penghitung mekanik telah dianggap usang sejak ditemukannya alat penghitung elektronik.
Babbage’s Folly Mungkin Charles Babbage (1792-1871) yang telah mempercepat perkembangan komputer sejak 1600-an. Ia memajukan perkomputeran di bidang hardware dengan menemukan sebuah difference engine yang memungkinkan perhitungan tabel matematika. Pada tahun 1834, ketika bermaksud mengembangkan difference engine-nya, Babbage menemukan ide mengenai analytical engine. Orang-orang yang skeptik menyebut penemuannya dengan nama Babbage’s Folly (kebodohan Babbage). Babbage bekerja dengan mesin penganalisanya hingga meninggal.
Pemikiran-pemikiran Babbage yang terperinci (hasil penelitiannya) menggambarkan karakteristik dari komputer elektronik modern. Semenjak Babbage dilahirkan pada era teknologi elektronik, mesin berhitung elektronik mungkin telah ditemukan jauh sebelumnya. Ironisnya, para pelopor sebelumnya dalam pengembangan mesin berhitung elektronis tidak sadar akan idenya mengenai memori, printer, punched-card dan serangkaian program pengontrol.
Peralatan Punched-card Punched-card Pertama Alat tenun Jacquard ditemukan tahun 1801 dan masih digunakan sekarang, alat ini dikendalikan dengan punched-card (punched-card). Punched-card ditemukan oleh orang Perancis yang bernama Joseph-Marie Jacquard (1752-1834). Lubang merupakan inti dari punched-card dan kartu-kartu tersebut menunjukkan desain untuk tenunan.
Babbage ingin menerapkan konsep punched-card dari alat tenun Jacquard untuk analytical engine-nya. Pada tahun 1843, Lady Ada Augusta Lovelace menilai punched-card tersebut bisa dirancang untuk menginstruksikan mesin analisis milik Babbage untuk mengulang operasi-operasi tertentu. Atas penilaiannya, beberapa orang menganggap Lady Lovelace sebagai programmer pertama (walaupun masih diperdebatkan).
Munculnya Pemrosesan Data Otomatis The U.S. Bureau of Cencus tidak menyelesaikan sensus sejak tahun 1880 sampai hampir 1888. Pimpinan Bureau segera menghentikannya sebelum berlangsung selama 10 tahun. Komisi The U.S. Bureau, Herman Hollerith seorang ahli statistik menggunakan keahliannya dalam menggunakan punched-card untuk sensus pada tahun 1890. Dengan pemrosesan punched-card dan mesin Hollerith (Hollerith’s punched-card machine), sensus bisa selesai dalam waktu 2,5 tahun. Inilah dimulainya pemrosesan data secara otomatis. Jerih payah Dr. Hollerith membuktikan sekali lagi bahwa “kebutuhan merupakan ibunya penemuan”.
Hollerith mendirikan Tabulating Machine Company dan menjual produknya ke seluruh dunia. Permintaan mesin Hollerith menyebar sampai ke Rusia. Sensus pertama di Rusia (1897) menggunakan mesin Hollerith. Pada tahun 1911, Tabulating Hollerith Company merger dengan beberapa perusahaan lain dan berganti nama menjadi Computing-Tabulating-Recording Company.
Electromechanical Accounting Machine Hasil (output) dari mesin Hollerith masih harus ditulis tangan, sampai pada tahun 1919 Computing-Tabulating-Recording Company mengumumkan telah menciptakan printer/lister yang lama kelamaan merubah jalan hidup perusahaan tersebut. Untuk mengembangkan jangkauannya, pada tahun 1924 perusahaan tersebut merubah namanya menjadi International Business Machine Corporation (IBM).
Sampai pertengahan tahun 1950, teknologi punched-card diperbaiki dengan penambahan beberapa alatnya serta kemampuan yang lebih pintar. Pada setiap kartu biasanya mengandung sebuah record (misal nama dan alamat), pada pemrosesan punched-card juga ada yang disebut sebagai unit record processing (satu kartu = satu record). Walaupun pemrograman interaktif dan on-line data entry telah membuat punched-card secara ekonomis usang, kita masih bisa menemukannya di tempat terpencil (mungkin tidak di Indonesia).
Keluarga dari mesin punched-card Electromechanical Accounting Machine (EAM) tersedia dengan card punch, verifier, reproducer, summary punch, interpreter, sorter, collator, calculator, dan mesin akunting. Kebanyakan dari alat-alat tersebut di program untuk melakukan operasi khusus dengan menyisipkan papan kontrol yang prewired. Sebuah panel yang berbeda terhubung (wired) untuk tiap jenis operasi untuk bekerja.
Pemrosesan Punched-card Ruangan mesin yang menggunakan punched-card telah membuka lowongan kerja. Beberapa ruangan tersebut mirip sebuah pabrik. Punched-card dan hasil cetakan dari printer dipindahkan dari alat lain ke yang lainnya dengan menggunakan gerobak tangan. Tingkat kebisingannya tidak jauh berbeda dengan sebuah pabrik mobil.
Untuk mempersiapkan arsip-arsip punched-card yang akan diproses, kartu-kartu tersebut harus sudah tersortir dan tersusun. Karena setiap alat-alat punched-card beroperasi secara bebas, beberapa langkahnya disebut “langkah-langkah mesin” yang dibutuhkan untuk menghasilkan keluaran. Dalam sekali langkah, tiap arsip membaca satu kartu dalam satu waktu. Pada kebanyakan sistem informasi modern, hanya bagian dari database yang dibutuhkan saja yang diproses, biasanya dalam satu langkah

Atom nuklir


Fusi nuklir
Dalam fisika, fusi nuklir (reaksi termonuklir) adalah sebuah proses di mana dua inti atom bergabung, membentuk inti atom yang lebih besar dan melepaskan energi. Fusi nuklir adalah sumber energi yang menyebabkan bintang bersinar, dan Bom Hidrogen meledak. Senjata nuklir adalah senjata yang menggunakan prinsip reaksi fisi nuklir dan fusi nuklir.
Proses ini membutuhkan energi yang besar untuk menggabungkan inti nuklir, bahkan elemen yang paling ringan, hidrogen. Tetapi fusi inti atom yang ringan, yang membentuk inti atom yang lebih berat dan neutron bebas, akan menghasilkan energi yang lebih besar lagi dari energi yang dibutuhkan untuk menggabungkan mereka -- sebuah reaksi eksotermik yang dapat menciptakan reaksi yang terjadi sendirinya.
Energi yang dilepas di banyak reaksi nuklir lebih besar dari reaksi kimia, karena energi pengikat yang mengelem kedua inti atom jauh lebih besar dari energi yang menahan elektron ke inti atom. Contoh, energi ionisasi yang diperoleh dari penambahan elektron ke hidrogen adalah 13.6 elektronvolt -- lebih kecil satu per sejuta dari 17 MeV yang dilepas oleh reaksi D-T seperti gambar di bawah.

Reaksi fusi deuterium-tritium (D-T) dipertimbangkan sebagai proses yang paling menjanjikan dalam memproduksi tenaga fusi.
Daftar isi[sembunyikan]
1 Reaksi-reaksi fusi yang dikenal baik
1.1 Rantai-rantai reaksi di dalam astrofisika
1.2 Reaksi-reaksi yang dapat terjadi di Bumi
2 Reaksi-reaksi fusi yang lain
3 Lihat pula
4 Pranala luar
//

[sunting] Reaksi-reaksi fusi yang dikenal baik

[sunting] Rantai-rantai reaksi di dalam astrofisika
Proses fusi paling penting di alam adalah yang terjadi di dalam bintang. Meskipun tidak melibatkan reaksi kimia, tetapi seringkali fusi termonuklir di dalam bintang disebut sebagai proses "pembakaran". Pada pembakaran hidrogen, bahan bakar netto-nya adalah empat proton, dengan hasil netto satu partikel alpha, pelepasan dua positron dan dua neutrino (yang mengubah dua proton menjadi dua netron), dan energi. Ada dua jenis pembakaran hidrogen, yaitu rantai proton-proton dan siklus CNO yang keberlangsungannya bergantung pada massa bintang. Untuk bintang-bintang seukuran Matahari atau lebih kecil, reaksi rantai proton-proton mendominasi, sementara untuk bintang bermassa lebih besar siklus CNO yang mendominasi. Reaksi pembakaran lain seperti pembakaran helium dan karbon juga terjadi bergantung terutama pada tahapan evolusi bintang.

Sejarah Otomotif





~SeJaRaH DuNiA OtOmOtIf…~

Sejarah dunia otomotif dimulai ketika Nicolaus August Otto menemukan mesin motor pada tahun 1876. Kemudian, pada tahun 1885 Gottlieb Daimler menemukan mesin berbahan bakar minyak yang memungkinkan terbukanya revolusi pada lahirnya desain mobil. Penemuan tersebut kemudian dilanjutkan oleh Karl Benz, seorang mechanical engineer yang pertama kali membangun mobil praktis yang dijalankan oleh mesin yang disebut sebagai internal-combustion engine pada tahun 1985.
Di Amerika, John W. Lambert menemukan mobil bertenaga bensin pada tahun 1891. Duryea Brothers menjadi perusahaan pertama yang memproduksi dan menjual kendaraan tersebut kepada publik. Segalanya mungkin berjalan tidak terlalu signifikan, sampai pada akhirnya Henry Ford meluncurkan Model-T yang fenomenal itu, dilengkapi dengan sistem transmisi dan desain yang lebih baik. Model pertama diproduksi tahun 1908 dan terus mengalami perubahan hingga tahun 1980.
Masih bicara soal transportasi darat, di bidang per-keretaapi-an, sejarah dimulai ketika George Stephenson merancang kereta api uap pertama di tahun 1824. Meskipun memang benar bahwa steam engine telah ditemukan James Watt jauh sebelum itu. Baru pada tahun 1924 kemudian kereta api uap mengalami perkembangan yang matang dan tersebar hingga ke seluruh dunia. Disusul kemudian oleh lahirnya kereta api diesel pada tahun 1960an. Setelah mengalami vakum yang agak lama, muncullah kereta api super cepat berbasis teknologi Maglev yang sebetulnya masih berada pada pertumbuhan awal. Kendati demikian, kita bisa melihat TGV dan Shinkansen dengan penuh kekaguman dan ketakjuban yang tiada terperi.
Sementara itu, di dunia aeronautika, sejarah bercerita jauh lebih panjang. Konon, pada tahun 852 seorang ilmuwan Muslim bernama Armen Firman meloncat dari sebuah menara di Cordoba (Spanyol) dan melayang menggunakan jubah yang dikenakan sebagai parasut. Pada tahun 875, Abbas Ibn Firnas mengulang aksi nekad Firman. Sayangnya, ia menderita cidera punggung yang berakibat pada kematian beberapa tahun kemudian. Baghdad kemudian menggunakan nama Firnas sebagai nama bandara untuk mengenangnya.
Berabad-abad kemudian, orang terus beranggapan bahwa manusia terbang harus dengan sayap. Bahkan lukisan DaVinci yang terkenal di tahun 1500an itu juga menyiratkan hal yang demikian. Cerita menjadi agak berubah ketika Sir George Cayley di tahun 1799 merumuskan konsep pesawat di mana harus memiliki sayap, ekor, dan sebagainya. Lucunya, konsep ini dituliskan pada sekeping uang perak yang dibuat pada tahun tersebut.
Cayley kemudian membuat glider sesuai konsepnya itu dan menyuruh pengemudi keretanya (coachman) untuk mencobanya, tetapi tidak ada pencapaian hasil yang jelas. Adalah Otto Lilienthal yang kemudian menjadi orang pertama yang membuat glider sekaligus mencoba melayangkannya sesaat. Hasil eksperimen tersebut dipublikasikan, tetapi sayangnya, suatu hari ketika ia melakukan percobaan, terjadi hembusan angin yang membuatnya terjungkal dan meninggal dunia.
Pada tanggal 28 November 1896, seorang professor bernama Samuel Langley dari Smithsonian Institute berhasil membuat pesawat tanpa awak yang mampu terbang hingga ketinggian 4.200 kaki dengan kecepatan 30 mph. Langley kemudian meminta dana riset dari Departemen Pertahanan Amerika sebesar US$ 5.000 untuk merancang pesawat terbang berawak. Dua kali percobaan yang dilakukan pada tanggal 7 Oktober 1903 dan 9 Desember 1903 hanya membuahkan kegagalan. Percobaan pertama mengakibatkan sayap pesawat patah tanpa meninggalkan darat. Sementara pada percobaan kedua pesawat tak mampu terbang dan jatuh tercebur di Sungai Potomac. Meski demikian, atas jasanya di bidang aeronautika, nama Langley diabadikan sebagai nama lab terkenal: NASA Langley.
Jeda 8 hari setelah percobaan kedua Langley, Kitty Hawk karya Wrights bersaudara mencatat sejarah sebagai pesawat terbang pertama dengan kekuatan mesin yang mampu terbang dan mencapai ketinggian melebihi starting pointnya. Inilah kali pertama manusia berhasil mengalahkan gravitasi. Wrights bersaudara tetap melakukan perbaikan atas temuannya itu, seperti juga banyak ilmuwan di Perancis, Inggris, Jerman, Rusia, Australia, dan sebagainya. Namun, Wright Bros lah yang menarik perhatian setelah memukau masyarakat ramai di Paris. Ia kemudian menjual idenya kepada Departemen Pertahanan Amerika. Hasilnya, tak lama kemudian Angkatan Bersenjata Amerika memiliki beberapa “pesawat tempur” di mana sang pilot melempar bom dengan tangannya untuk menghabisi musuh di darat.
Ketika PD I meletus di tahun 1929, pesawat bersayap ganda sudah lazim ditemui. Kemudian di tahun 1926, Charles Lindberg untuk pertama kalinya melintasi Laut Atlantik dengan sukses. Inilah titik awal ketika pesawat diperlakukan sebagai alat transportasi, bukan sekedar hobi atau mainan seperti sebelumnya. Ketika PD II meletus di tahun 1940an, pesawat tempur sudah jauh lebih canggih. Airlines dengan propeller bermunculan. Dan di tahun 1950an, mesin jet (Boeing 707) mulai beroperasi dan istilah “jet set” atau transportasi jet mulai dikenal.
Pada tahun 1960 an, pesawat supersonik (Concorde) mulai beroperasi. Sayangnya, kendati Rusia telah berhasil meluncurkan satelit pertama (1957) dan Amerika sukses mendaratkan manusia di bulan (1969), perkembangan di dunia aeronautika nyaris mandeg. Memang benar bahwa keberhasilan Rusia dan Amerika tersebut lebih disebabkan oleh faktor politis (perang dingin) ketimbang faktor penemuan teknologi untuk peningkatan kesejahteraan umat manusia. Memang benar pula bahwa teknologi baru awalnya tumbuh dengan sangat lambat, kemudian mencapai titik di mana inovasi terus menghujani, dan tak lama kemudian mencapai tahap matang. Setelah itu perkembangan teknologi kembali berjalan dengan lambat. Periode antara tersebut, kalau dihitung, rata-rata sekitar 40 tahun.
Dengan menggunakan perhitungan di atas, seharusnya saat ini manusia mampu terbang dengan kecepatan hipersonik atau melampaui atmosfer menuju luar angkasa. Sayangnya, akibat dana penelitian yang mahal (atau nuansa politis yang kental), baik Rusia maupun Amerika tidak lagi ngotot mengembangkan space shuttle. Wahana angkasa memang menjadi monopoli tersendiri yang teramat mahal. Akan tetapi, bagi segelintir kalangan, bisa menjadi peluang bisnis milyaran (atau trilyunan) dolar.
Untuk mendapatkan pesawat angkasa yang jauh lebih murah dari gawean NASA dan para kontraktornya, digelarlah X-Prize dengan hadiah senilai US$ 10 juta bagi siapa pun yang mampu terbang setinggi 100 km atau lebih dengan membawa pilot dan 2 penumpang atau berat ekuivalennya. Ada banyak orang “gila” yang tertarik berlomba, salah satunya Burt Rutan yang didanai oleh Paul Allen.
SpaceshipOne buatan Rutan keluar menjadi pemenang. Dana yang digelontorkan lebih dari US$ 20 juta, tetapi motivasi untuk meraih peluang bisnis wisata angkasa luar menjadikan US$ 20 juta seolah-olah nothing. Proyek tersebut dilanjutkan dengan SpaceshipTwo yang bisa mengangkut hingga 8 orang dan akan siap di tahun 2007 atau 2008. Konon, Virgin Galactic sudah memesan 3 pesawat SpaceshipTwo.
Selain X-Prize, Bigelow -seorang jutawan pemilik hotel-hotel murahan- juga menggelar award serupa dengan hadiah US$ 50 juta plus kontrak membuat pesawat bagi siapa saja yang bisa membuat pesawat untuk mengangkut wisatawan mengelilingi bumi beberapa kali. Ia telah membuat perusahaan Bigelow Aerospace yang melakukan riset tentang bagaimana struktur bangunan yang tepat untuk hotel angkasa. Hasilnya cukup mengagumkan dan teknologinya dibeli NASA untuk perbaikan space shuttle. Tentu saja, harga ini jauh lebih murah daripada membeli dari kontraktor seperti Boeing atau Lockheed Martin. Bigelow sadar bahwa mimpi untuk membuat hotel angkasa tidak pernah bisa terwujud tanpa sistem transportasi yang murah.
Tentu saja ini semua bukan bualan omong kosong. Banyak perusahaan baru dengan 50 atau 100 karyawan jenius dan backup dana yang kuat dari investor bermunculan. Angkasa luar adalah milik masyarakat biasa, bukan lagi monopoli pemerintah atau negara. Dengan lahirnya industri baru yang padat otak dan padat modal, wisata angkasa luar bukan sesuatu yang mustahil. Saat ini, Rusia bisa membawa kita berjalan-jalan ke Stasiun MIR dengan harga US$ 20 juta. Tapi beberapa tahun mendatang, tarif tersebut akan menurun secara signifikan.
Tak lama lagi kita akan merasa “biasa” ketika mendengar orang-orang bekerja di angkasa luar, berbulan madu 100 km di luar bumi, atau menjadi pegawai hotel di bulan. Kolonisasi bulan atau kolonisasi Mars adalah masa depan. Kelak, eksplorasi dan eksploitasi barang tambang mungkin akan terjadi di bulan atau di planet lain yang memang sangat kaya akan mineral. Masa depan tersebut adalah milik industri kecil dengan kemampuan besar. Dan kalau 20 tahun belakangan orang terkaya dunia adalah Bill Gates, maka 20 tahun mendatang orang terkaya dunia adalah entrepreneur yang mampu berinovasi membawa manusia ke luar angkasa dengan biaya yang efektif dan efisien, serta mengemasnya dalam suatu layanan yang bernilai tambah